ICT DAN MEDIA PELAJARAN
Assalamu'alaikum,
Halo kawan-kawan semua , perkenalkan nama saya Surya Adam Hilmi (2288190029) saya adalah mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2019 kelas A , Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Di blog pertama saya kali ini saya akan mendeskripsikan pengalaman saya selama mengikuti perkuliahan mata kuliah ICT dan Media Pembelajaran yang diampu oleh Bapak Arif Permana Putra, M.Pd dan Ibu Yuni Maryuni, M.pd.
Pertemuan ke-1 yaitu pada tanggal 02 maret 2021 yang dimana di pertemuan pertama ini hanya membahas mengenai Kontrak Perkuliahan dan Tata Tertib selama kuliah berlangsung untuk ke depan nya.
Pertemuan ke-2 yaitu pada tanggal 09 Maret 2021 yang dimana pertemuan kali ini membahas mengenai Desain dan Model-Model Pembelajaran dengan pokok pembahasan yaitu Teknologi Pembelajaran.
Teknologi pembelajaran merupakan gabungan dari tiga aliran yang saling berkepentingan, yaitu media dalam pendidikan, psikologi pembelajaran dan pendekatan sistem dalam pendidikan. Teknologi Pembelajaran semula dilihat sebagai teknologi peralatan, yang berkaitan dengan penggunaan peralatan, media dan sarana untuk mencapai tujuan pendidikan atau dengan kata lain mengajar dengan alat bantu audio-visual. Teknologi pembelajaran merupakan teori dan praktek dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, serta evaluasi tentang proses dan sumber untuk belajar.
Pertemuan ke-3 yaitu pada tanggal 16 Maret 2021 yang dimana pertemuan kali ini masih membahas mengenai Desain dan Model-Model Pembelajaran dengan pokok pembahasan yaitu Teknologi Pembelajaran.
Teknologi pembelajaran tidak terbatas pada teknologi tinggi tetapi adalah segala sesuatu yang meningkatkan pembelajaran di kelas dalam pemanfaatan pembelajaran campuran, tatap muka, atau online. Teknologi pembelajaran juga terdiri dari sistem aturan, alat, dan kegiatan. Itu semua dirancang untuk membawa siswa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran tertentu secara sistematis, efektif, dan ekonomis. E-learning atau belajar online yang menggunakan sebuah teknologi pembelajaran yang banyak bermunculan saat ini dan masih berkembang. Sebuah kemajuan dalam sebuah bidang edukasi saat ini yang para penggunanya semakin meningkat dan sangat butuh akan hal itu.
Pertemuan ke-4 yaitu pada tanggal 23 Maret 2021 yang dimana pertemuan kali ini membahas tema serta pokok bahasan mengenai Pengelolaan dan Pengembangan Teknologi Pembelajaran.
Teknologi pembelajaran diartikan sebagai media yang lahir sebagai akibat revolusi komunikasi yang dapat digunakan untuk keperluan pembelajaran di samping guru, buku teks, dan papan tulis, bagian yang membentuk teknologi pembelajaran adalah televisi, film, komputer dan bagian perangkat keras maupun lunak lainnya. Ini juga merupakan usaha pengelolaan dan pengembangan secara sistematis dalam merancang, melaksanakan, dan mengavaluasi keseluruhan proses belajar untuk suatu tujuan pembelajaran khusus, serta didasarkan pada penelitian tentang proses belajar dan komunikasi pada manusia yang menggunakan kombinasi sumber manusia dan non manusia agar belajar dapat berlangsung efektif.
Sejalan dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang demikian pesat, khususnya dalam bidang pendidikan, psikologi dan komunikasi maka tidak mustahil ke depannya teknologi pembelajaran akan semakin terus berkembang dan memperkokoh diri menjadi suatu disiplin ilmu dan profesi yang dapat lebih jauh memberikan manfaat bagi pencapaian efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Dan harus diakui bahwa perkembangan bidang dan profesi teknologi pembelajaran di Indonesia hingga saat ini masih boleh dikatakan belum optimal, baik dalam hal design, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, maupun evaluasinya.
Pertemuan ke-5 yaitu pada tanggal 30 Maret 2021 yang dimana pada pertemuan kali ini membahas tema dan pokok bahasan mengenai Teori dan Praktik Pengembangan Desain Media Pembelajaran dan mengambil salah satu media pembelajaran yaitu Canva.
Media pembelajaran disaat pandemi seperti ini dibutuhkan karena media yang ada terbatas pada buku dan hal konvensional lainnya. Disaat seperti ini juga mahasiswa ataupun anak SD,SMP,SMA dituntut untuk kreatif dan mudah bosan dengan pembelajaran jarak jauh seperti sekarang ini menjadikan mereka kesulitan untuk menyerap pendidikan yang diajarkan untuk mereka.
Media pembelajaran yang menarik ini sendiri menjadi penting saat ini
terutama di masa dimana mahasiswa dan peserta didik sudah terbiasa menggunakan gadget.
Mereka akan dengan mudah mendapatkan informasi yang lebih menarik. Platform canva ini sangat membantu anak dengan beragam medianya yang
bervariasi. Dengan 2 juta gambar, 60 ribu lebih template, 800 ribu ikon dan ilustrasi, sampai 700 pilihan font, siswa akan bisa dengan mudah membuat tugas.
Pertemuan ke-6 yaitu pada tanggal 06 April 2021 yang dimana pada pertemuan kali ini membahas tema dan pokok bahasan mengenai Teori dan Praktik Pengembangan Desain Media Pembelajaran dan mengambil salah satu media pembelajaran yaitu Powtoon.
Media pembelajaran "powtoon" merupakan layanan online untuk membuat sebuah paparan yang memiliki fitur animasi sangat menarik diantaranya animasi tulisan tangan, animasi kartun, dan efek transisi yang lebih hidup serta pengaturan time line yang sangat mudah. Dalam aplikasi powtoon ini bisa memudahkan para pelajar dalam membuat video animasi untuk presentasi yang mudah dipahami dan ada berbagai jenis template yang menarik sehingga membuat pembelajaran jarak jauh ini menjadi lebih mudah dipahami.
Pertemuan ke-7 yaitu pada tanggal 13 April 2021 yang dimana pada pertemuan kali ini membahas tema dan pokok bahasan mengenai Teori dan Praktik Pengembangan Desain Media Pembelajaran dan mengambil salah satu media pembelajaran yaitu Google Classroom.
Perkembangan dunia teknologi dan informasi saat ini sudah berkembang
dengan cepat. Banyak alternatif-alternatif baru tercipta di era sekarang
ini, begitu juga dalam hal teknologi pembelajaran di sekolah-sekolah
saat ini, teknik yang digunakan semakin beragam yang dikenal dengan
istilah E-Learning. Pesatnya perkembangan teknologi saat ini juga mempengaruhi dunia
pendidikan, pembelajaran secara online atau disebut kelas online dan kebetulan pada saat pandemi seperti ini pembelajaran melalui Google Classroom. Platform ini juga merupakan media yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah yang bertujuan menyederhanakan pembuatan, pendistribusian, penetapan tugas dengan cara tanpa kertas dan bertemu secara langsung.
Dengan menggunakan Google Classroom guru
bisa membuat kelas maya, mengajak siswa gabung dalam kelas, memberikan
informasi terkait proses KBM, memberikan materi ajar yang bisa
dipelajari siswa baik berupa file paparan maupun video pembelajaran,
memberikan tugas kepada siswa, membuat jadwal pengumpulan tugas dan
lain-lain.
Komentar
Posting Komentar